Hati-hati dengan berita hoax

Standar

Saat ini seiring dengan boomingnya pengguna social media seperti pesbuk dan tuiter, ditambah boomingnya stupidphone dengan segala kecanggihannya sangat mudah dibeli (secara orang Indonesia kan dikit-dikit beli ini, ada yang baru beli itu, jangan salah kalau sekarang barang apapun rata-rata made in china, dijual gimanapun di Indonesia pasti dibeli dan laku !!)  stupid phone saat ini bervariasi dari harga murah meriah hingga harga selangit. Padahal fungsi yg dipake itu-itu aja telp, sms, chat, apdet status. Efeknya adalah informasi dengan mudahnya menyebar bagaikan angin. Padahal informasi yang berseliweran itu belum tentu terjamin kebenarannya.

Apa sih hoax kok berita yg jelas-jelas seperti itu dibilang hoax, jelas-jelas benar atau jelas-jelas salah, ini penting !!! :p

Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu. Kata Wikipedia tuh

hoax apa itu hoax

Nomor empat tuh penting. Nah sebelum sembarangan klik tombol share atau broadcast sana sini baiknya liat dulu video ini nih apa yg harus dilakukan kalau dapat berita/informasi dari manapun

Gimana? udah jelas harus ngapain kalau dapat berita apapun dari manapun, atau yang nganggap tulisan ini hoax malas banget ngabisin waktu liat video diatas karena ‘dia’ udah kemakan hoax dan yakin seyakinnya dengan berita palsu itu.

Dalam undang-undang pun diatur hukum bagi penyebar berita hoax

Pelaku penyebar hoax bisa terancam pasal 28 ayat 1 dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Di dalam pasal UU ITE ini disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

Nih saya lampirkan gambar-gambar hoax yang sangat berpotensi memprovokasi dan menganggu kedamain negeri ini, barangkali anda pernah menemukannya atau pernah menyebarkannya atau bahkan meyakininya sebagai berita yang benar (hingga saat detik ini 😀 )  [sumber]

  • Haox 1
hoax 3

Foto ini mulai banyak beredar di bulan Ramadhan tahun ini (2015) dengan disertai kalimat pengantar: “Polisi China memaksa muslim minum di bulan Ramadhan”. atau dirangkaikan dengan foto2 lain dengan penyertaan kalimat bertema “Penyiksaan China terhadap Muslim.” Sebenarnya ini adalah foto penyiksaan polisi China terhadap anggota jemaat gereja (tertentu) yang dilarang beroperasi di China karena dianggap keluar dari pakem gereja yang direstui pemerintah. Peristiwa terjadi tahun 2002. Saat ini memang terjadi tindakan opresi dari pemerintah China terhadap Muslim, khususnya terhadap Muslim Uighur di bagian timur China. Tapi gambar ini jelas bukan tentang itu. Berita dapat dibaca disini: http://www.clearwisdom.net/emh/articles/2003/3/21/33576.html

  • Hoax 2
hoax 4

Foto ini banyak digunakan oleh sebagian kalangan Muslim untuk menyebarkan kebencian terhadap non muslim, terutama Kristen, dengan disertakan kalimat-kalimat semacam “korban kekejaman xxx” atau “Muslim dibakar hidup-hidup”. Nyatanya, foto ini juga dipergunakan sebagian kalangan Kristen untuk mendiskreditkan Islam, juga dengan menyertakan kalimat-kalimat kebencian, terutama mengarah pada gerakan Boko Haram di Afrika, sebagaimana kalimat yang terlihat di bagian atas gambar tersebut. Gambar yang sama dengan ukuran lebih kecil juga disalahgunakan untuk menunjuk penindasan terhadap etnis Rohingya oleh penganut Buddha di Myanmar. Foto ini diambil di Republik Demokratik Kongo, Afrika Tengah, tanggal 3 Juli 2010. Jenazah2 tersebut adalah jenazah korban-korban ledakan tanker bahan bakar. berita bisa dibaca disini: http://www.loonwatch.com/2011/10/fake-nigerian-christians-burnt-alive-photo-resurfaces-on-facebook/ atau: http://africacheck.org/reports/boko-haram-massacre-image-fake/

  • Hoax 3
Foto ini, dan juga banyak foto lainnya, banyak muncul saat merebaknya konflik di Myanmar antara etnis Muslim Rohingya dengan penganut Buddha. Kalimat yang disertakan biasanya memancing kebencian terhadap agama & penganut Buddha, serta mendiskreditkan para bhiksu Buddha dengan mengklaim bahwa gambar ini adalah bukti pembantaian mereka terhadap Muslim. Ini adalah foto peristiwa pasca gempa di China, bulan April 2010, dimana para bhiksu berjibaku membantu para korban gempa yang saat itu menewaskan ribuan orang. Berita dapat dibaca disini: http://www.boston.com/bigpicture/2010/04/yushu_earthquake_12_days_later.html atau disini: http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015760136/- atau ditonton disini: https://www.youtube.com/watch?v=OdLhn82U4cY

Foto ini, dan juga banyak foto lainnya, banyak muncul saat merebaknya konflik di Myanmar antara etnis Muslim Rohingya dengan penganut Buddha. Kalimat yang disertakan biasanya memancing kebencian terhadap agama & penganut Buddha, serta mendiskreditkan para bhiksu Buddha dengan mengklaim bahwa gambar ini adalah bukti pembantaian mereka terhadap Muslim.
Ini adalah foto peristiwa pasca gempa di China, bulan April 2010, dimana para bhiksu berjibaku membantu para korban gempa yang saat itu menewaskan ribuan orang.
Berita dapat dibaca disini:
http://www.boston.com/bigpicture/2010/04/yushu_earthquake_12_days_later.html
atau disini:
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000015760136/-
atau ditonton disini:
https://www.youtube.com/watch?v=OdLhn82U4cY

  • Hoax 4
Foto ini diambil di sekitar Jeddah, Arab Saudi, oleh seorang fotografer Arab Saudi, murni sebagai ungkapan seni untuk mengekspresikan cinta anak terhadap orang tua; dengan kuburan palsu dan anak yang diminta ber-akting. Lengkap dengan tambahan kalimat di atasnya, foto banyak digunakan dengan mengatasnamakan kekejaman perang di Suriah/Syria, bahkan untuk menyerang kelompok tertentu. Info bisa dibaca disini: https://haralddoornbos.wordpress.com/2014/01/17/saudi-photographer-telle-me-this-is-not-syria-its-not-a-grave-and-the-boys-parents-are-not-dead/

Foto ini diambil di sekitar Jeddah, Arab Saudi, oleh seorang fotografer Arab Saudi, murni sebagai ungkapan seni untuk mengekspresikan cinta anak terhadap orang tua; dengan kuburan palsu dan anak yang diminta ber-akting.
Lengkap dengan tambahan kalimat di atasnya, foto banyak digunakan dengan mengatasnamakan kekejaman perang di Suriah/Syria, bahkan untuk menyerang kelompok tertentu.
Info bisa dibaca disini:
https://haralddoornbos.wordpress.com/2014/01/17/saudi-photographer-telle-me-this-is-not-syria-its-not-a-grave-and-the-boys-parents-are-not-dead/

  • Hoax 5
Foto ini banyak beredar dan dipakai untuk banyak hoax, termasuk di antaranya diklaim sebagai 'korban pembantaian muslim Rohingya'. Aslinya ini adalah adegan dalam film Nepal "Shirish Ko Phool". Link ke rangkaian foto dari film yang dirilis produsernya: http://www.rsch.tuis.ac.jp/~ito/shirish/skp_release_photos/skp_release_photos.html

Foto ini banyak beredar dan dipakai untuk banyak hoax, termasuk di antaranya diklaim sebagai ‘korban pembantaian muslim Rohingya’. Aslinya ini adalah adegan dalam film Nepal “Shirish Ko Phool”.
Link ke rangkaian foto dari film yang dirilis produsernya: http://www.rsch.tuis.ac.jp/~ito/shirish/skp_release_photos/skp_release_photos.html

  • Hoax 6
hoax 8

Yang ini..?? ah.. ya sudahlah no comment

High resolution


  • Hoax 7
Hoax yang disebarkan dengan klaim "Gedung pertunjukan di Amerika terbelah dua ketika Film Innocence of Muslims yang sangat menghina Nabi Besar MUHAMMAD SAW akan ditayangkan." Aslinya foto ini merupakan kejadian gempa bumi di Chile pada tahun 2010. http://www.plataformaarquitectura.cl/cl/02-37979/terremoto-en-chile

Hoax yang disebarkan dengan klaim “Gedung pertunjukan di Amerika terbelah dua ketika Film Innocence of Muslims yang sangat menghina Nabi Besar MUHAMMAD SAW akan ditayangkan.”
Aslinya foto ini merupakan kejadian gempa bumi di Chile pada tahun 2010.
http://www.plataformaarquitectura.cl/cl/02-37979/terremoto-en-chile

  • Hoax 8
hoax 10

ini bukan Cut Nya Dien.!! ini adalah foto istri Panglima Polem ( Vrouw van Teukoe Panglima Polim te Sigli ) dapat dicek di sini: http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced/start/1?q_searchfield=Vrouw+van+Teukoe+Panglima+Polim+te+Sigli

  • Hoax 9
Akhir-akhir ini beredar berita 'exodus pekerja China ke Indonesia' dengan modus pemberitaan yang menyalahkan pemerintah. Foto ini adalah salah satu yang dipakai untuk pemberitaan. Ada beberapa foto serupa. Hasil cek ricek : foto ini diambil dari berita tahun 2013 tentang pekerja China ilegal yang tertangkap di Kalimantan Barat dan akan dideportasi. http://lampost.co/berita/78-warga-china-terancam-dideportasi Adapun jawaban Menteri Tenaga Kerja atas pemberitaan hoax semacam ini bisa dibaca di sini https://www.facebook.com/ulin.yusron/posts/10153401978908718

Akhir-akhir ini beredar berita ‘exodus pekerja China ke Indonesia’ dengan modus pemberitaan yang menyalahkan pemerintah. Foto ini adalah salah satu yang dipakai untuk pemberitaan. Ada beberapa foto serupa.
Hasil cek ricek : foto ini diambil dari berita tahun 2013 tentang pekerja China ilegal yang tertangkap di Kalimantan Barat dan akan dideportasi.
http://lampost.co/berita/78-warga-china-terancam-dideportasi
Adapun jawaban Menteri Tenaga Kerja atas pemberitaan hoax semacam ini bisa dibaca di sini
https://www.facebook.com/ulin.yusron/posts/10153401978908718

  • Hoax 10
Beredar berita "Ada agama baru meniru Islam yaitu Kristen Ortodoks Syria". Hasil cek ricek:  1. Foto yang digunakan adalah foto ketika Amina Wadud menjadi imam shalat (event kontroversial di Amerika beberapa tahun yang lalu). 2. Kristen Ortodox Syria bukan 'agama baru', melainkan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Silakan cek wikipedia. https://en.wikipedia.org/wiki/Syriac_Orthodox_Church

Beredar berita “Ada agama baru meniru Islam yaitu Kristen Ortodoks Syria”.
Hasil cek ricek:
1. Foto yang digunakan adalah foto ketika Amina Wadud menjadi imam shalat (event kontroversial di Amerika beberapa tahun yang lalu).
2. Kristen Ortodox Syria bukan ‘agama baru’, melainkan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Silakan cek wikipedia.
https://en.wikipedia.org/wiki/Syriac_Orthodox_Church

Gimana? Udah cukup puas atau cukup emosi dengan gambar-gambar diatas? Mau udahan atau tambah ngebet nge share berita hoax. Sekian tulisan hoax ini, gak usah dipercaya tulisan hoax kok ngebahas hoax 😀 😀 😀

Bonus gan… saya lucu liat gambar ini, ini salah satu tebak gambar tersulit dalam hidup saya.. Tolong cari perbedaan diantara kedua gambar diawah ini..

hoax 3 hoax 2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s