Bus Transjakarta Gratis

Standar

Pada saat masih newbie bekerja di Jakarta, menghafal rute menuju tempat kerja menjadi kewajiban agar tidak salah jalan dan menyebabkan keterlambatan datang ke kantor termasuk mencari rute alternatif.

Dikarenakan posisi saya di Bogor dan kantor sementaranya di Kemendikbud jadi saya harus naik kereta (Commuter) dari Bogor dan turun stasiun Sudirman, lanjut naik Transjakarta dari Dukuh Atas 1 turun di Halte Bundaran Senayan ok rute tersebut sudah tepat dan akurat. Setiap hari saya menggunakan rute tersebut saat pergi dan pulang.

Bus Gratis

Faktor biaya transportasi/ongkos menjadi hal yang penting diperhitungkan agar pengelolaan gaji bisa optimal, setiap naik Transjakarta biaya yang dikenakan sebesar 3500 ke tujuan manapun asal tidak keluar halte, nah bagaimana jika Transjakarta tersebut gratis? saya bisa menghemat biaya pergi dan pulang 3500*2=7000.

Bus Transjakarta gratis ini saya lihat beberapa kali di jalan Sudirman dan membuat saya penasaran karena busnya sama persis dengan Transjakarta berbayar, tapi melaju di jalur lambat/umum tidak di jalur khusus. Yang jelas ada tulisannya GRATIS 🙂

Naik bus gratis

Saya lihat rute yang tampil di layar LED nya Bundarn Senayan-Harmoni berarti pas banget jika dari stasiun Sudirman menuju Bundaran Senayan dan sebaliknya.

Tapi saya belum paham betul jadwal beroperasinya bus tersebut, kalau beruntung ya ketemu. Setiap penumpang yang masuk diberikan potongan tiket dengan cap Gratis, mungkin maksudnya untuk counter jumlah penumpang bus tersebut.

Bus Transjakarta Gratis Sudirman Bundaran Senayan

Antrian masuk Bus Transjakarta gratis dekat halte Dukuh Atas 1/stasiun Sudirman

Hanya sebagai alternatif

Setelah mencoba beberapa kali menggunakan bus gratis ini saya memutuskan menggunakan bus ini hanya sebagai alternatif saja, kenapa? karena bus ini gratis 😀 namaya gratis pasti tidak sebagus yang berbayar.

Transjakarta berbayar punya jalur sendiri dan anti macet berhenti di halte tertentu, transjakarta gratis melaju di jalur lambat dan berhenti di banyak halte kecil frekuensi naik dan turun penumpang sering sehingga menyebabkan waktu tempuh menjadi semakin panjang.

Oleh karena ini bagi saya bus gratis ini hanya sebagai alternatif saja jika tidak terburu-buru, bus Transjakarta berbaya tetap menjadi opsi utama, syukur-syukur suatu saat transjakarta di jalur khusus pun digratiskan :D.

Tinggalkan Balasan

